Saturday, October 4, 2008

Sharing StudentPreneur Kepada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Gunadarma Depok.


Pada Tanggal 6 September 2008 saya diminta oleh Forum Ekonomi Syariah Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Ekonomi Universitas Gunadarama menyampaikan sharing experience berkaitan dengan StudentPreneur. Kegiatan mengambil tempat di Auditorium Universitas Gunadarma Depok.

StudentPreneur begitu saya mengistilahkan bagi para mahasiswa yang mampu me-manage risiko yang dihadapinya menjadi suatu opportunity yang bernilai dalam rangka memenuhi seluruh keinginan dan kebutuhannya dengan cara meng-create income.

Ada beberapa alasan mengapa seorang mahasiswa harus menjadi StudentPreneur, diantaranya: biaya SPP yang makin tinggi, biaya kost yang makin melambung, biaya makan ikutan merangkak demikian pula dengan biaya Penunjang Pendidikan semakin lama semakin menggila. Di sisi yang lain, menjadi seorang StudentPreneur juga memiliki risiko yang harus ditanggung oleh mahasiswa yaitu risiko kebaikan dan risiko keburukan.

Kebaikan yang akan didapat oleh seorang StudentPreneur adalah: mendapat tambahan income, bisa belajar mandiri berwirausaha, sebagai sarana latihan meningkatkan Adversity Quotation (Semangat Survival) dsbnya. Adapun risiko keburukan yang terkadang menimpa seorang StudentPreneur adalah Nilai IPK terkdang anjlok, masa studi menjadi molor, kadang-kadang juga dibenci Dosen atau malah tidak disukai Senior dsbnya.

Ada pandangan yang keliru pada kebanyakan konsep Entrepreneurship yang tumbuh dan berkembang saat ini, ukuran kesuksesan seorang Entrepreneur selalu ditinjau dari sudut pandang keuangan (Aset, Profit, Growth dsbnya) dan orientasi kesuksesasn hanya dilihat dari sudut pandang ‘hasil’ (Result Oriented). Dalam pandangan Islam tidaklah demikian. Kesuksesan seorang entrepreneur diukur tidak hanya dari sisi finansial saja tetapi juga dari sisi inter-personal maupun inter-relation. Oleh karenanya ukuran kesuksesan tidak hanya dilihat dari sudut pandang hasil tetapi juga dari proses bagaimana kesuksesan tsb diperoleh.
Kesuksesan sendiri dapat diukur dari seberapa besar keberkahan usaha yang telah dilakukan.

Ada beberapa trik sukses yang dapat dilakukan oleh seorang StudentPreneur diantaranya: Menjadi Agen Asuransi, Menulis artikel, Kontributor berita, Survey Penelitian, Bisnis di situs Internet dll.
Bagi para mahasiswa yang berminat menjadi studentPreneur di industri Islamic Insurance tanpa mengganggu kegiatan belajar bisa menghubungi saya di 0812 1331 99 68. Insya Allah anda akan mendapatkan benefit baik dari sisi duniawi maupun ukhrowi.


No comments:

Popular Posts