Saturday, December 8, 2012

Enjoy Aja!

Anda pasti pernah melihat iklan salah satu produk di Televisi. Beberapa pemuda mengendarai Honda Jazz. Awalnya mereka biasa-biasa saja. Saat mereka memasuki kawasan pemukiman, tidak dinyana mereka harus melewati suatu jalan yang banyak terdapat polisi tidur. Kesalkah mereka melihat didepannya banyak rintangan? Atau mereka berputar arah untuk mengindari ”segerombolan” polisi tidur tersebut?. 

TIDAK!. Mereka bahkan pasang ancang-ancang. Suasanapun dibuat ceria. Tidak lupa audiopun diputar. Musik segar dan ceriapun terdengar. Wajah merekapun berbinar! Santai aja ! ENJOY AJA, lagi!. Lalu manakala mobil mereka melintasi jalan tersebut dengan ajrut-ajrutan karena melintasi polisi tidur. Badan mereka ikut bergoyang. Irama audio selaras dengan jalannya mobil yang ajrut-ajrutan. 

Sekelompok pemuda tersebut mampu membuat suasana menjengkelkan menjadi suasana segar, kenapa demikian? Yach mereka menikmati perjalanan itu. Jalanan penuh polisi tidur bagi mereka bukanlah masalah tetapi kondisi jalan terebut membuat mereka ikut bergoyang dibarengi irama audio yang selaras, ENJOY AJA Lagi!’. 

Hidup yang kita jalani hendaknya seperti mereka. Bekali kehidupan ini dengan sarana yang dibutuhkan untuk hidup. Kalo memang diperlukan mobil, ya dapatkanlah mobil itu. Kalo memang membutuhkan rumah di kawasan elit, ya dapatkanlah rumah itu. Kalo memang harus memiliki banyak harta, ya carilah harta tersebut. Namun perlu diingat, ketika menemui problem, hadapilah problem tersebut dengan Enjoy Aja. Tidak perlu pake stress, tidak perlu pake bersitegang, tidak perlu naik darah. Ikutilah terjal-terjal kehidupan dengan irama kehidupan yang selaras. 

Pada bagian yang lain, saya pernah melihat sebuah film mandarin, tapi sayang saya lupa judulnya. Film tersebut menceritakan tentang esensi kehidupan yang berasal dari ajaran Taichi. Film dibintangi oleh Jet Li. Saat itu Jet Li stress menghadapi kehidupan yang disebabkan oleh perubahan perilaku sahabat karibnya. Sahabatnya telah menjadi agen pemerintah yang justru lebih kejam dari agen lainnya. Ajaran kehidupan di biara yang telah mereka jalani berpuluh tahun, seolah tidak berbekas sama sekali pada diri sahabatnya. Cobaan ’indahnya’ dunia menerpa sahabatnya. Bahkan godaan jabatan untuk menjadi salah seorang pejabat negara, telah membuat sahabatnya melupakan ajaran biara. Berhari bahkan berbulan Jet Li menjalani kehidupan dengan stress. Beban kehidupan yang berat benar-benar menghimpitnya. Sampai akhirnya dia menemukan kembali esensi kehidupan melalui ajaran kehidupan Taichi. Dengan mengikuti irama alam, dia dapat memanfaatkan energi alam untuk digunakan sebagai ilmu bela diri. Luar biasa! Jet Li kembali menemukan kekuatan luar biasa dari ajaran ini. 

Jadi, ikuti irama atau gelombang kehidupan dengan irama yang selaras. Jangan hadapi gelombang dan riak tersebut dengan arah yang berlawanan. Ikuti terus irama tersebut hingga memunculkan energi. Dan ketika energi yang terakumulasi menjadi besar, manfaatkanlah energi tersebut untuk keperluan kita. Mesti diingat bahwa mengikuti gelombang irama kehidupan berarti memperbesar resultante gelombang tersebut. Bila kita melakukan hal ini maka yang akan terjadi adalah kita bisa enjoy dengan apa yang kita terima. Kita selalu berpikiran positip terhadap apa yang sedang terjadi. Kitapun bisa lebih sabar dalam menyikapi apapun yang sedang menimpa kita. Pikiran menjadi lebih ringan. Beban yang berat terasa ringan, mudah bagi kita mencari jalan keluar dari segala permasalahan yang dihadapi. Enjoy Aja lagi!!!

Lalu bagaimana bila kita berlawanan dengan arah gelombang kehidupan? Bila hal ini terjadi maka kita akan memperkecil resultante gelombang kehidupan. Yang didapat adalah stress, pesimis, negatif thinking, cemberut, carut marut dsbnya. Kalo hal ini terjadi maka susah bagi kita untuk mengeluarkan ide. Pikiran selalu terasa mentok. Buntu, No way Out, Tidak ada jalan keluar. Dampak terburuk yang akan terjadi adalah tensi darah menjadi tinggi. Irama jantung menjadi tidak karuan. Wuih !! segala penyakit menjadi mudah datang. Jadi! Hindarkan gelombang yang berlawanan arah dengan gelombang kehidupan. Ikutilah dia, niscaya kita menjadi orang yang lebih sabar. Selamat menikmati gelombang kehidupan. Enjoy Aja Lagi !!!. Achmad Firdaus, Penulis Buku Cara Mudah Menjadi Karyawan Multi Income

No comments:

Popular Posts