Tuesday, September 10, 2013

Workshop Integrasi ISO 9001: 2008 dan Balanced Score Card (BSC)

LATAR BELAKANG
Sistem Manajemen Mutu (SMM) ISO 9001: 2008 mengedepankan proses bisnis organisasi, konsistensi dan proses perbaikan terus menerus continual improvement) yang tahapannya dilakukan melalui siklus PDCA Plan – Do – Check – Action).


Pilar berikutnya adalah Delapan Prinsip Manajemen Mutu yaitu Customer Focus, Leadership, Keterlibatan semua orang, Pendekatan Proses, Pendekatan Sistem ke Management, Improvement,Pendekatan Fakta sebagai Dasar Pengambilan Keputusan dan Kerjasama yang saling menguntungkan dengan pemasok.


Landasan penerapan ISO 9001: 2008 di atas, bertujuan untuk efisiensi dan efektifitas. Tetapi sayang, beberapa perusahaan yang menerapkan ISO 9001: 2008 belum mencapai tujuan yang diharapkan. Ada indikasi bahwa perusahaan yang menerapkan ISO 9001: 2008 memiliki kecenderungan:
  1. Memposisikan penerapan ISO 9001: 2008 sebagai pekerjaan tambahan, bukan menjadikan penerapan ISO 9001: 2008 sebagai alat untuk menyelesaikan pekerjaan dalam rangka mencapai sasaran / target yang telah ditentukan.
  2. Sibuk merapihkan dokumen menjelang audit (surveillance) saja.
Mengapa demikian? Hal ini terjadi karena tidak terintegrasinya antara sasaran mutu organisasi maupun sasaran mutu unit kerja terhadap Rencana Strategis (Renstra) maupun Visi dan Misi organisasi.

MANFAAT WORKSHOP
Setelah mengikuti kegiatan ini, diharapkan peserta mendapatkan manfaat:
  1. Memahami pentignya integrasi sasaran mutu ISO 9001: 2008 organisasi maupun unit kerja terhadap Visi, Misi dan Tujuan organisasi.
  2. Memahami kaidah perumusan sasaran mutu ISO 9001: 2008 organisasi maupun unit kerja melalui proses cascading dari peta strategi (strategy map)organisasi.
  3. Mahir membuat sasaran mutu ISO 9001: 2008 organisasi maupun unit kerja yang sejalan dengan Visi, Misi dan Tujuan organisasi.
  4. Memahami proses mengevaluasi pencapaian sasaran mutu organisasi maupun unit kerja.

OUT LINE:
  1. Pengantar BSC.
  2. Empat perspektif BSC
  3. Penyusunan peta strategi.
  4. Cascading strategi.
  5. Pengintegrasian ISO 9001: 2008 dan BSC.
  6. Penyusunan KPI berbasis BSC

SIAPA YANG PERLU HADIR

  1. Manager Mutu / ISO System.
  2. Manager Perencanaan dan Pengembangan.
  3. Manager HR / SDM
  4. Manager Performance System.
  5. Manager Produksi / Operasional.
  6. Akademisi
PELAKSANAAN
Tanggal : 2-4 Oktober 2013
Pukul : 08.30 - 16.30 wib
Tempat : Hotel Sahati, Jl. Taman Margasatwa No. 45,Ragunan, Jakarta Selatan (*Tentatif)

INVESTASI
Rp 4.500.000,- (Empat Juta Lima Ratus Ribu Rupiah)
Jumlah peserta terbatas hanya 20 orang/angkatan.
Early Bird : Segera daftar dan dapatkan harga khusus,
hubungi:
Haqqah: 0817 6423 654, 62 21 70179568
Hudzaifah: 0856 9199 1560, 0852 85228710

Transfer Pembayaran Investasi:
Bank Syariah Mandiri Cabang Margonda
No. Rek: 7032158735 a.n. PT MEGA PERFORMA UTAMA

Investasi      1 Peserta        >= 2 Peserta

Normal         Rp 4.500.000,-   Rp 4.050.000,-
Earlybird      Rp 4.050.000,-   Rp 3.645.000,-


FASILITATOR
Dr. Achmad Firdaus. SSi MSi.
Sarjana Sains dari Fisika FMIPA Universitas Indonesia.Magister Sains (MSI) dari Post Graduates Program in Management Sciences di FE Universitas Indonesia. Doktor Ekonomi Islam dari Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta. Direktur PT. MEGA
Performa Utama. Pernah bekerja di PT. SANYO Jaya Components Indonesia selama 10 tahun. Posisi terakhir sebagai Manajer Training. Bekerja di PT. Asuransi Takaful Keluarga selama 4,5 tahun. Posisi terakhir sebagai Manajer Strategic Alliances. 
Dosen aktif di Magister Bisnis IPB (MB IPB), Magister Bisnis Universitas Azzahrah, Perbankan Syariah FAI Universitas Muhammadiyah Jakarta, STEI TAZKIA Bogor.

Tahun 2001 mendapat pelatihan SDM dan Implementasi IT untuk Bisnis di Negeri Jepang. Konsultan dan nara sumber seminar dan workshop di bidang Balanced Scorecard (BSC), Malcom Baldrige, Competency Based Training, Communication Skills, Effective Report Writing, Stock Control Management, Statistical Process Control (SPC), Root Cause Analysis Methodology, Quality Control Circle (QCC), Quality Ethics,Improvement, Problem Solving & Decision Making, Inventory Management, Leadership, Six sigma, 5S, Autonomous Maintenance Systems, QC & New QC 7 Tools, Training Need Assessment and Performance Measurement, Human resource, Total Quality Management (TQM), Six Sigma, ISO 9001: 2008, ISO
14001, SMK3, Ekonomi Syariah, Marketing, Perencanaan Keuangan Keluarga.
Berbagai perusahaan telah mendapatkan bimbingan oleh Dr. Achmad Firdaus, SSi, MSi. diantaranya:
PT. Pertamina, PT. Krakatau Steel, Kementrian Perindustrian, GE Finance, PT. PERTAMINA, BP MIGAS, PT. ASABRI (Persero), PT. Darya Varia Jakarta, PT. Prafa, PT. Medi Farma, TAZKIA Tour & Travel, STEI Tazkia, Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM), PT. Bank Muamalat Indonesia, PT. Bank Syariah Mandiri, PT. Asuransi Takaful Keluarga, PT. Asuransi Takaful Umum, Koperasi Karyawan Takaful Indonesia, PT. Kafala Insan Mandiri, Jurusan Fisika FMIPA Universitas Indonesia, PT. MABER Teknindo, PT Decolite, PT. Surya Gemilang Perkasa, PT. KDS, PT. Subur Djaya Teguh, PT. Permata Petra Utama, PT. PANGAJI Mario Refconindo (BUKAKA Group), Universitas Gunadarma, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka (UHAMKA), Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia, Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Mandala Indonesia, Japan Indonesia HRD Association dan lain-lain.


No comments:

Popular Posts