Tuesday, January 8, 2008

RAPAT KERJA PENGURUS DAN PENGAWAS KOPERASI KARYAWAN TAKAFUL INDONESIA Tahun 2007.


Pada tanggal 14, 15 dan 16 Desember 2007 bertempat di Wisma Inkarla CIPANAS Cianjur, diadakan rapat kerja Pengurus dan Pengawas Koperasi Karyawan Group Takaful Indonesia. Acara ini disamping membahas evaluasi kinerja KopKar Takaful selama tahun 2007 juga membahas rencana kerja di tahun 2008.
Alhamdulillah secara pribadi, saya merasa berbahagia karena di sela-sela kesibukan yang saya miliki, saya masih bisa memberikan sumbangan pemikiran dan usaha untuk mengembangkan koperasi teman-teman di kantor. Semoga Allah selalu menjaga niat di hati ini, niat untuk membelanjakan waktu dan pemikiran sebagai ladang amal, sebagai bekal amal jariyah saya di hari nanti, amin.

Sebagai orang yang diamanahi untuk menjabat Ketua Bidang Usaha pada kepengurusan KopKar Takaful Indonesia periode 2007-2009. Setidaknya telah terbentuk beberapa pengembangan unit usaha baru selama masa bhakti saya yaitu Unit Usaha Percetakan, melalui unit usaha ini KopKar dapat menjadi mitra Group Takaful Indonesia dalam pengadaan barang cetakan. KopKar saat ini telah memiliki 2 vendor percetakan yang besar, keduanya Alhamdulillah telah menjadi mitra bisnis KopKar yang memiliki 3 nilai utama yaitu Low Cost, High Quality, Quick Deliver. Kami menyebutnya dengan unsur QCD, yaitu Quality – Cost – Delivery.

Unit usaha lainnya adalah pembentukan lembaga resmi penyedia jasa tenaga kerja atau biasa dikenal sebagai lembaga alih daya atau outsorcing. Unit bisnis ini merupakan pengembangan usaha yang telah dilakaukan oleh pengurus KopKar sebelumnya berupa unit bisnis penyedia jasa kebersihan (Cleaning Service). Melalui pengembangan unit bisnis ini, KopKar telah sah menjadi suatu lembaga resmi penyedia tenaga kerja yang dibuktikan dengan adanya surat ijin resmi dari Departemen Tenaga Kerja Republik Indonesia, Alhamdulillah. kedepannya pengurus KopKar memiliki visi untuk mengembangkan unit bisnis ini menjadi satu lembaga yang independen dan mandiri dengan bendera Takaful Outsor, Insya Allah.

Unit usaha lainnya adalah menjadi agen pemasaran (TAA) produk-produk Group Takaful Indonesia (GTI). KopKar telah menandatangi MOU dengan pihak GTI dimana dalam MOU tsb KopKar resmi menjadi mitra GTI dalam rangka penetrasi market GTI melalui jaringan keagenan yang dimiliki oleh KopKar. Sebagai awal pengembangan TAA ini, KopKar telah dipercaya oleh GTI untuk memasarkan produk Ukhuwah.
Produk ukhuwah merupakan produk yang cukup liquid dimana dengan premi sebesar Rp 50.000,- (Lima Puluh Ribu Rupiah) per tahun, ahli waris peserta akan mendapat manfaat sebesar Rp 5.000.000,- (Lima Juta Rupiah) apabila peserta meninggal bukan karena kecelakaan atau ahli waris peserta akan mendapat manfaat sebesar Rp 25.000.000,- (Dua Puluh Lima Juta Rupiah) apabila peserta meninggal karena kecelakaan. Sebagai salah satu bukti kepesertaan dalam produk ukhuwah, peserta akan mendapat sebuah kartu yang disebut Kartu Ukhuwah.

Produk ini sangat diminati oleh orang-orang yang berniat untuk infaq atau shadaqoh kepada orang lain. Dia membeli produk ini tetapi kepesertaannya di berikan kepada para dhuafa di sekitarnya. Ukhuwah juga banyak diminati oleh lembaga konsultan, lembaga training / pelatihan, event organizer ataupun lembaga pendidikan seperti kursus ataupun sekolah yang ingin memberikan value yang berlebih kepada para nasabah / customer atau siswanya. Mereka mengatakan bahwa dengan menambahkan biaya premi sebesar lima puluh ribu rupiah pada biaya pelatihan / kursus ataupun biaya spp, customer tetap merasa senang. Angka lima puluh ribu tidak seberapa dibandingkan value yang ditawarkan oleh Produk Ukhuwah kepada para peserta atau customernya.

Nah bagi anda semua yang ingin mendapatkan penghasilan tambahan silahkan bergabung dengan KopKar Takaful sebagai agen pemasaran produk ukhuwah ini. Hubungi saya di 021 980 34 325 atau email achmadf_hrd@takaful.com , bisa juga menghubungi manager KopKar Takaful Indonesia, Bapak Nurul Ihsan dengan email address : nurul.ihsan@takaful.com . Adapun rincian untuk tiap kartu ukhuwah adalah:
Rp 33.500,- Premi Ukhuwah.
Rp 9.500,- Fee Agen.
Rp 3.500,- Biaya Pengelolaan KopKar.
Rp 1.000,- Kontest
Rp 2.500,- Infaq (agen bisa memberikan rekomendasi, kepada lembaga sosial mana infaq ini diberikan adapun default lembaga penerima dan penyalur infaq yang ditunjuk oleh GTI adalah Yayasan Amanah Takaful, YAT).

Untuk kerjasama dalam bentuk B2B (kerjasama antar perusahaan, yayasan atau lembaga) rincian penggunaan kartu ukhuwah berbeda dengan di atas.
Unit usaha lainnya yang dikembangkan adalah lembaga pelatihan, sebenarnya pada tahun 2007 KopKar telah mencanangkan program kerja penyelenggaraan pelatihan ataupun workshop ini, namun masih terkendala dengan waktu dan tenaga. Insya Allah pada tahun 2008 pengurus KopKar Takaful Indonesia telah bertekad untuk mengembagkan usaha di bidang pelatihan ini.

Kepututsan lain yang sangat penting dari Rapat Kerja Pengurus dan Pengawas Koperasi Karyawan Takaful Indonesia ini adalah dengan mengubah sistem pencatatan akuntasi dari sistem accrual basis, menjadi sistem cash basis.

Seluruh hasil Raker KopKar Takaful akan disampaikan pada rapat anggota tahunan (RAT) tahun 2008 yang insya Allah diagendakan pada Bulan Februari 2008 yang akan datang.

Rapat Kerja Pengurus dan Pengawas Koperasi Karyawan Takaful Indonesia akhirnya ditutup pada Hari Minggu 16 Desember 2007.

Pengurus Koperasi Karyawan Takaful Indonesia 2007-2009
Ketua : M. Hafiluddin
Sekertaris : Ari Julmanan.
Bendahara : Noor Rochmat Suhud.
Ketua I (Usaha) : Achmad Firdaus
Ketua II (Organisasi) : Setyo Utomo

Pengawas Koperasi Karyawan Takaful Indonesia 2007 -2009
Ketua : Budi Prayogo
Anggota : Junaidi, Samsul Bahri

MANAGER : NURUL IHSAN


3 comments:

Anonymous said...

Assalaamu 'alaikum P Firdaus,
Bagus banget blognya, banyak ilmu bisnisnya.
Pak, sekalian nanya nih, klo mau kerja sama dengan Kopkar Takaful utk memasarkan produk, bisa nggak?

Kebetulan saya jualan CD-CD pendidikan untuk anak, dan berbagai CD Tutorial. Mungkin para karyawan Takaful yang memiliki putra-putri TK-SMA atau mahasiswa, tertarik dengan produk ini.

Klo memang bisa, sy tak dateng ke kantor Bapak.

Terima kasih atas perhatiannya.

Noer
noer007@gmail.com


NB:
O ya, Klo mo lihat produk-produknya, ada di website saya : www.tutorialku.com

Anonymous said...

Assalaamualaikum Pak Firdaus,
Salam kenal,saya Bu Nora, salah satu Pengurus KopKar JIS(jakarta International School), wah tulisan Bapak semua menggugah semangat saya. Kami ingin menimba ilmu dengan KopKar Takaful, kiranya kami diberi kesempatan untuk berkunjung melakukan study banding, mohon bapak dapat memberi kabar melalui email saya : ndahlan@jisedu.or.id
Terima kasih banyak,
Nora Dahlan

Anonymous said...

http://lumerkoz.edu Want it? http://riderx.info/members/Buy-Meridia-Online.aspx aides whereare http://barborazychova.com/members/Buy-Nizoral.aspx lyceum http://soundcloud.com/buy-nifedipine sudman http://soundcloud.com/avodart jellyfish instancein http://www.ecometro.com/Community/members/Buy-Amlodipine.aspx rotunda escolar

Popular Posts