Saturday, February 16, 2008

Kembali ke kampus Fisika FIMPA UI untuk mengajar.


Hari Jumat tanggal 15 Februari 2008 adalah hari pertama saya mengisi mata kuliah Entrepreneurship. Bpk. Dr. Santoso sebagai penanggung jawab Program Fisika Extension, beberapa waktu yang lalu memang telah meminta saya untuk mengisi mata kuliah entrepreneurship bagi mahasiswa Program Extension Fisika FMIPA UI.

Senang rasanya saya kembali ke kampus Fisika UI. Ini adalah kali ke dua saya diminta untuk mengajar di Fisika UI. Beberapa tahun yang lalu saya juga diminta oleh Program DIII Fisika Instrumentasi untuk mengisi mata kuliah Pengantar Six Sigma.

Menyusuri area FMIPA UI pada malam hari, membuat kenangan indah semasa kuliah dulu kembali terangkat.
Masih teringat dalam ingatan, sambil menunggu kedatangan dosen, kita duduk-duduk di area tangga Gedung B101.
”Pak kuliahnya di Ruang B202”, kata Pak Rizki petugas secretariat Fisika Extension.
”Oh ya”. Saya timpali.
Menyusuri tangga sebelah utara Gedung B. Saya merasakan suasana perkuliahan dulu. Tidak terasa 15 tahun yang lalu, saya suka duduk berkelompok dengan teman-teman di anak tangga itu. Suasana area tengah Gedung B yang mengandalkan sinar bulan, semakin membuat kenangan itu kembali terusik. Yah.................... saya masih ingat, menjelang saya menyelesaikan skripsi tentang perambatan gelombang gempa secara real time, jam 9 malam saya bersama teman lainnya dari kelompok Geng Endang dan Misli mulai berdatangan ke laboratorium komputer. Kami stand by di laboratorium komputer hingga menjelang subuh. Kabar burung bahwa Gedung FMIPA punya ’sesuatu’ tidak kami hiraukan. Hingga kami semua dapat menyelesaikan tugas skripsi.
”Bagaimana kabar Bu Gani”, tanya saya kepada Pak Rizki.
”Alhamdulillah meskipun sudah pensiun tapi beliau masih berdedikasi tinggi ke kampus Pak”, jawab Pak Rizki
”Bu Djarwani gimana?”, tanya saya.
”Alhamdulillah, sehat-sehat aja pak”, kata Pak Rizki lagi.
”Sampaikan salam saya buat Pak Hikam dan Pak Martarizal yah”, sahut saya.
”Ya pak:, sahut Pak Rizki.

Hari pertama kuliah, saya isi dengan perkenalan. Saya juga menjelaskan aturan main perkuliahan. Alhamdulillah teman-teman mahasiswa terlihat cukup antusias mengikuti kuliah ini.
Kuliah saya akhiri pada jam 20.30. Saya tutup dengan doa semoga apa yang saya bagikan kepada teman mahasiswa dapat berguna. Dan semoga Allah tetap membersihkan niat saya untuk bershadqoh ilmu, amin.


5 comments:

Adi Triyanto said...

salam ya utk dosen2 kita :-).

yours,
adi '86

Anonymous said...

insya Allah

teasweet said...

Pak Achmad,
Saya sdg mencari teman dari D3 MIPA UI sewaktu hasil google membawa saya ke blog bapak. Mau tanya, apa bapak lulusan D3 MIPA UI juga? Kawan saya itu angkatan pertama dan sudah lama saya cari..
Saya bs dihub di teasweet@gmail.com
Trims pak,
Tea

lialialialialia said...

Aslmkm..
Slmt malam..

Untuk yang punya kenalan, kakak, adek, saudara, ayah , ibu, kakek, nenek ALUMNI FISIKA UI... Mohon bantuannya ya... untuk kasih info REUNI AKBAR FISIKA UI. Sabtu, 18 Oktober 2008 @Balairung UI Depok. Pemesanan tiket hubungi LIA Fisika (085219415116). Terimakasih..

http://reuniakbar-fisikaui.tk

qtea said...

pak achmad, kalo boleh tau angkatan berapa yach?????

Popular Posts